Friday, January 27, 2017

Surat Terbuka untuk Mbak & Mas CEO E-Commerce Indonesia


Halo Mbak dan Mas CEO E-Commerce di Indonesia. Perkenalkan nama saya Andrew Prasatya, satu dari jutaan masyarakat Indonesia yang kagum atas kerja keras dan pencapaian mas dan mbak sekalian. Apresiasi yang sebesar-besarnya untuk kalian karena sudah berhasil mencapai impian kalian masing-masing dan membawa dampak besar untuk Indonesia.

Dengan dukungan orang-orang hebat yang ada di sekitar mbak dan mas sekalian, saya mah yakin perusahaan yang sedang diurus sekarang akan terus maju dan berkembang. Namun saya juga yakin kalau tidak ada salahnya mendengar dan melihat masukan-masukan dari rakyat kecil seperti saya.

Maka dari itu lewat surat ini, eh blog ini maksud saya. Saya ingin membagikan apa yang saya rasa dapat semakin memperkece E-Commerce yang mbak dan mas sedang kelola. Saya mencoba diri berani membuat ini karena kemarin melihat ada kompetisi blog yang mencari #PenasehatCEO. 

Berdasarkan hasil analisa saya yang dipublikasikan di Tech in Asia & beberapa media lainnya, pada tahun 2017 ini ada beberapa tantangan yang akan dihadapi E-Commerce di Indonesia, mulai dari customer service, produk, Pengguna Mobile Phone, payment mechanism, dan juga delivery system. Mari kita bahas satu-satu apa yang bisa dilakukan E-Commerce dengan tantangan-tantagan ini. Part pertama adalah pengalaman dan juga tantangan, part dua adalah apa yang bisa dimaksimalkan dari E-Commerce


1. Optimalkan Fitur Customer Service

Beberapa kali saya belanja online di Bukalapak dan juga Lazada, biasanya beli barang-barang elektronik seperti speaker, power bank dan juga Hard disk external. Dalam beberapa kesempatan saya tidak dapat menemukan barang yang saya cari di platform tersebut, sehingga saya harus secara manual mencari kembali. Terkadang saya sedang malas mencari satu-satu dan ingin ada yang membantu, namun fitur chatnya masih kurang responsif. Begini salah satu contohnya:



Jadi apa yang bisa dilakukan para E-Commerce untuk memaksimalkan fitur customer service? Google, Facebook, Twitter sudah meluncurkan teknologi chatbots. Goole Allo, Facebook Messenger dan juga Twitter bots siap untuk membantu para pelaku bisnis untuk merespon pertanyaan dan juga kritik dari pelanggan.
"Wah Ndrew, berarti banyak CS yang pengangguran dong kalo digantiin sama robot??"
Ngga lah, soalnya akan ada pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih rumit yang ga bisa dimengerti sama algoritma mesin, jadi masih akan tetep butuh tenaga manusia. Tapi nih, dengan bantuan chat bots, pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya simple bisa secara langsung dijawab sama si bots nya ngga harus nunggu 5-10 menit. Karena, yang namanya menunggu itu tidak enak ghaes..  #Ecie

Jadi, saran saya, mbak dan mas CEO beserta tim mulai invest waktu dan tenaga untuk mengulik fitur yang ditawarkan beberapa raksasa teknologi ini. Kalau pelanggan seneng, pasti mereka loyal ke brand tertentu kok.

2. Buat Aplikasi Mobile dibuat Makin Keren

Sejauh ini kalau saya belanja online step ya gini, saya iseng-iseng cari barang lewat smartphone, kalau udah dapet barangnya saya langsung save link nya atau bookmark page nya atau ditandain deh pokok'e. Setelah itu nanti di kantor atau dirumah saya buka laptop, baru saya lakukan pembayaran lewat laptop. Jadi saya masih masuk dalam kategori pelanggan yang migrasi dari smartphone ke desktop. E-Commerce tetep seneng saya belanja, tapi akan lebih seneng lagi kalau saya transaksi lewat mobile phone. Ayo, ada yang bisa tebak kenapa?? Jawab di comment ya!

Tahun 2018 diprediksi pengguna aktif mobile phone di Indonesia akan mencapai 100 juta orang. Di tahun 2017 ini, jumlah transaksi yang terjadi di smartphone akan meningkat, dengan beberapa catatan, yaitu kalau fitur yang ada di mobile app ada nilai tambahnya. Sekarang ini, web version dan mobile app version fitur nya sama, yang membedakan adalah, saat ini E-Commerce sering menggunakan promo-promo diskon untuk pelanggan yang transaksi menggunakan mobile app.

Coba kita liat Amazon Mobile App deh, lewat aplikasi mobilenya pelanggan bisa ng'lakuin X-Ray Scan buat ngeliat apa ini box yang dikirimin Amazon kere mereka. Canggih toh? nih penjelasannya --> ABC News



Jadi kalau emang mau orang transaksi beli lewat mobile app, ayo diimprove mobile app nya, UX & UI nya, promonya dibanyakin, mungkin bisa live time ngeliat paketnya udah sampe mana, mungkin juga bisa top up uang didalem appnya & masih banyak lagi yang bisa dilakuin :)

3. Banyakin Metode Pembayaran

Sejauh ini saya ngga pernah belanja pake CC, soalnya ngga punya CC. Paling sering itu transfer lewat ATM atau COD (Cash on Delivery). Saya kurang tau sama masyarakat Indonesia yang lain, tapi dari survey WSJ yang saya baca, penetrasi kartu debit dan kredit di Indonesia masih rendah. Artinya? Yang punya karti kredit & debit tidak sebanyak yang pegang cash di dompet.

Apa yang bisa dilakuin sama industry buat mengatasi permasalahan ini? Gampang nya ya perbanyak mode pembayaran. Jadi masyarakat bisa pilih beberapa alternatif metode pembayaran. Saya ngga tau ini mungkin apa ngga, tapi bisa aja ajak kerja sama offline store kaya Indomaret atau 7 Eleven untuk bisa bayar disana. Kaya Tiket, Listrik kan sekarang udah bisa bayar disana, nah E-Commerce kayanya bisa juga tuh kaya gitu.

4. Percepat Pengiriman Barang

Kalo beli barang-barang nya harganya 5 jutaan keatas, kayanya ngga rela gitu kudu nunggu 1 minggu, maunya kan barang nya langsung ada didepan mata. Nah, ini juga jadi tantangan mbak dan mas CEO di E-Commerce nih, pengiriman barang.

Kalo sekarang udah banyak yang menawarkan metode 1 day delivery system. Tokopedia & Bukalapak juga udah kerja sama bareng Gojek buat nawarin one day delivery service. Nah kan banyak juga tuh startup lain yang bergerak di bidang logistik berbasi app, jadi mungkin bisa dimanfaatkan juga untuk diajak kerja sama. Biar kedepannya proses pengiriman semakin cepat. Bisa juga nanti pake Drone dikirim barang nya. Keren ga tuh?

NAH, itu dia 4 usulan dan juga pandangan saya untuk mbak dan mas CEO E-Commerce di Indonesia. Kalau baca tulisan blog ini, jangan lupa tinggalin komentar ya!

Btw temen-temen blogger lainnya bisa juga kirim kritik, saran dan masukan untuk E-Commerce favorit yang ada di Indonesia. Soalnya lagi ada lomba blog nih yang buka kesempatan pendapat dan pandangan kita diketahui sama si E-Commerce nya langsung.

Buat yang pengen ikutan bisa cek informasinya disini --> PenasehatCEO



24 comments:

  1. wah oke banget gan lanjutin terus karyanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas ada pengalaman belanja online gimana? Share dong

      Delete
  2. untuk hal itu aja gan di jepang sendiri aja belum ada gan X-Ray Mobile cuma masih di amazon yang emang udah vendor besar. itu semua butuh proses gan kalau emang mas dan mbak e-commerse agan sediri lah yang mulai itu semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas bro nya pasti sering belanja online lah ya? Ada cerita apa nih gan?

      Delete
  3. Mantep nih gan berani berbicara nih... bagus gan... teruskan karyanya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Makasih mas bro Wira! Ada pengalaman unik belanja online ngga nih?

      Delete
  5. teruskan langkah mu mas, berani berbicara hehehehe

    ReplyDelete
  6. buat nomor 3 saya setuju banget tuh, metode pembayarannya di perbanyak soalnya orang yang tinggal di kampung atau desa kayak saya susah buat beli beli barang di online shop seperti itu karena faktor pembayarannya yang harus ikut transfer ke saudara atau kerabat, apalagi kalo bisa COD sepertinya lebih mantep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Wiih mantab maas, gua dukung haha

    ReplyDelete
  8. Jepang salah satu cash country, jadi orang lebih suka bayar cash daripada menggunakan non=cash system. Kalo belanja online makanya pembayaran bisa lewatconvinient store seperti 7-11, Lawson, Dkk. Scan barang...wah disini baru bisa trakcing pengiriman aja belum sampe scan isi dus.Kalo masalah service, jangan heran kalo pembeli disini bukan raja tapi dewa hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewa.. Menarik. Hhahhaha.

      Iya, bener, di Indo juga kayanya masih seneng pake Cash ketimbang ngga cash.

      Delete
  9. Mungkin CS (customer service) live chat itu harusnya manusia. Bukan robot. Jadi sesuai dengan pertanyaan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener, tapi sekarang robot udah bisa juga jawab sesuai pertanyaan loh. Kerennya itu teknologi :p

      Delete
  10. Tokopedia udah bs bayar di mini market kok skrg, praktis bgt buat ibu rumah tangga ga pnya rekening

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, menarik. Berarti yg lain jangan sampai ketinggalan nih.

      Delete
  11. Setuju banget untuk one day service di mana pembelanjaan nominal besar, lebih dari sejuta gitu ya. H2C banget kalo saya mah hehehe.
    Dan so far, saya belum pernah belanja elektronik dalam nominal besar secara online :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling besar menghabiskan berapa kaka buat belanja online? dan buat beli apa tu?

      Delete
  12. Sejauh ini sering belanja di Tokopedia, sebelnya itu app lemot sering crash, jadi kan galau gitu deh, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, Brrti harus dipercakep kan ini aplikasinya. Biar makin banyak yang pake Apps

      Delete
  13. Kalo top up. Shopee sudah meluncurkan dompet shopee.
    Terus untuk chat otomatis. Aplikasi shopee jg bisa bales chat otomatis ketika udah di atur keyword khusus.

    Itu aja sih pengalaman saya belanja lewat shopee.

    ReplyDelete