Saturday, June 9, 2012

Minggu-Minggu Super Sibuk !

Minggu ini bener-bener minggu yang sangat menguras tenaga, banyak banget hal-hal yang harus dikerjain.Jam-jam tidur mulai terganggu, mulai sering begadang biar bisa ngerjain tugas dan segala macem aktivitas lainnya. Weekend yang seharusnya bisa nyantai harus dikorbankan buat ngerjain tugas-tugas yang menumpuk. Semua ini benar-benar menguras tenaga.


Tugas-tugas kuliah yang begitu menumpuk, tugas-tugas debat yang juga cukup banyak, kegiatan-kegiatan diluar kuliah yang juga perlu alokasi waktu. Perlu keahlian untuk bisa bagi waktu sebaik-baiknya nih, supaya semua kegiatan bisa mendapat alokasi waktu yang pas ! :)

Tapi ya sebagai anak kuliah gw juga ada waktu-waktu jenuh ngeliat begitu banyak tugas ini, sampai-sampai bingung yang mana satu yang kudu dikerjain. Kebiasaan yang sering gw lakuin waktu ngeliat tugas banyak :
"...Duh ! banyak bangets sih ni tugas !.." Tau ngga artinya apaan ?? artinya gw kebanyakan ngeluh kalau banyak hal yang harus dikerjain. Kebiasaan jelek ini kudu dibuang jauh-jauh deh soalnya ngerugiin diri gw sendiri.

Ruginya apa ya ?? ruginya itu kita makin males buat ngerjain tugas-tugas itu. biasanya juga gw sering ngomong gini ama temen kulaih gw, dan respon yang mereka kasih ke gw sama, "..iyaa yaa gile bener ni tugas banyak banget.."

Yang terjadi adalah gw and temen gw ngeliat tugas-tugas ini jadi beban and ngga semagat deh ngerjainnya. Hmm.. bukan efek curhat yang bagus kan   "Mengeluh" ini.. :)
Kudu di buang jauh-jauh kebiasaan mengeluh !

Ini ada beberapa tips yang bisa dishare buat kita-kita yang lagi banyak banget tugas. Tips ini gw ambil dari salah satu buku renungan harian "Future Generation"





1. Tentuin Prioritas tugas


Kerjain terlebih dulu tugas-tugas yang mendesak dan penting (walaupun semuanya penting) kudu nentuin skala prioritas. Kerjain dulu yang kira-kira mudah dan ngga butuh waktu yang panjang buat nyelesainnya. Jangan mikirin semua tugas secara bersamaan dan jangan terlalu menjadi beban bagaimana hasilnya nanti, soalnya jadi beban pikiran nanti. Pikirin gimana supa akita bisa ngerjain sebaik mungkin !"






2. Music and Meal
Kalau gw secara khusus ngerasa lebih nyaman kalau ngerjain tugas sambil dengerin musik, yaa kalau genre musik mah tergantung pribadi sih ya, kalau gw sendiri suka yang instrumen'' sexophone gitu, or ya lagu-lagu yang bisa memberi efek tenang.
Ohya jangan ketinggalan cemilan ! soalnya perut juga kudu dijaga, jangan sampai terlupakan yaa !




3.Confortable Place
Biasanya kalau kelamaan stay di satu tempat yang sama itu bisa bikin bosen, trus kalau udah bosen jadi stres deh. Naah, sebagai anak-anak kos kita kudu pinter-pinter nyari tempat yang nyaman buat ngerjain tugas. Kriteria yang nyaman menurut gw:
-Tempat duduk yang nyaman
-AC (pokok'e adem)
-WiFi
-Ada colokan listrik
-Ngga berisik
-Pemandangan nya enak diliat+ ga bosenin

Gw biasanya ke Dunkin, or J.CO or McD nih, berhubung kosan gw deket sama Pasar Festifal.

"...Widiihh, banyak duit dong ente drew??.."
Ameen! tapi bukan karena banyak duit, tapi karena gw pinter-pinter milih makanan dsana, jadi kadang cuma mesen donut 1 trus gw bawa minum deh dari rumah. trus ngerjain tugas berjam-jam, Hhahahaha.
Sebagai anak kos kudu kreatif ! :)

Berharap di Jakarta ada taman yang dikelilingi pohon-pohon hijau, pokoknya yang hijau-hijau deh, gw bakal milih kesana apa lagi kalau ada WiFi dan colokan listrik :)

4. Take a Rest
Naah kalau udah banyak banget yang gw lakuin disatu hari, misalnya hari ini. gw mutusin buat istirahat. Jangan terlalu maksain badan juga, soalnyakan badan kita juga butuh istirahat! :)

Kalau terlalu maksain untuk ngehabisin semua tugas dalam sehari nanti yang ada badan jadi kecapean trus sakti, kalau sakit ngga bisa kuliah, ketinggalah pelajaran, trus kudu ke dokter, bayar obat, dll.

Jadi tetep jaga kesehatan sesibuk apapun kita ! :)



Ini beberapa tips yang bisa gw share, semoga bermanfaat! Ayoo semangat ngerjain tugas. Tenang aja semua rasa cape yang dibayar sekarang akan terbalas nanti waktu kita udah lulus trus ngeraih cita-cita kita ! :)

No comments:

Post a Comment