Wednesday, March 9, 2016

Bos Kampr*t Emang Biang Karyawan Resign



"Gw pengen resign aja njir, si Bobo tuh ya suka ga jelas kalo kasih arahan, dikit-dikit marah ga jelas, F*k banget dah pokoknya"

Pembicaraan begini kalo di kalangan para pekerja udah ngga jarang ditemukan, ga cuma di perusahaan gede ghaes, diperusahaan kecil juga banyak ditemuin tipikal bos yang beginian. Biasanya kalo udah ketemu tipikal bos gini, percayalah sama gw, perputaran karyawan di perusahaan itu akan super cepet ghaes. Soalnya orang-orang pasti ga nyaman and memutuskan untuk berhenti kerja sejenak atau pindah ke perusahaan lain.

Biasanya nih, kalo udah muak dengan tingkah laku si bos, karyawan akan buru-buru google "Cara Buat Surat Resign" + Nge Print + Ngajuin ke HR atau sang bos.Trus Apa aja alasan-alasan klasik dari karyawan untuk resign? (Poin-Poin ini adalah Hasil Pengamatan + Pengalaman Pribadi)



1. Mendapatkan Tawaran Pekerjaan
Paling sering adalah alasan ini, si karyawan akan bilang kalau dia dapet tawaran yang lebih menarik dari perusahaan lain, jadi nya kudu berhenti dari pekerjaan yang sekarang.
2. Ingin Membantu Bisnis Keluarga
Keluarga biasanya jadi alasan ampuh, soalnya yang namanya keluarga kan harus jadi yang utama. Masa keluarga ada bisnis kita ga mau bantuin sih. Makanya harus resign nih Pak/Bu Bos..
3. Mau Punya Bisnis Sendiri
Setelah beberapa tahun kerja, sudah punya keahlian, sudah punya modal, saya mau buat bisnis sendiri Pak/Bu, Saya mau mandiri. Biar bisa mempekerjakan orang juga kaya Bapak/Ibu
4. Ingin Melanjutkan Studi
Saya mau kuliah lagi, mau fokus di studi dulu.. (Crossed Finger)
Poin-poin diatas ini bisa jadi bener dan jujur, tapi ga jarang juga ini jadi alasan supaya lebih soft aja untuk bilang --> "Saya sejujurnya tidak suka dengan cara Bapak/Ibu memimpin perusahaan sehingga saya mau cabut saja, tapi karena saya ga enak makanya saya bilang begitu""

HASIH RESEARCH --> Saya menemukan penelitian yang menarik nih ghaes soal tipikal "BOS" yang seperti dilaskan diatas itu sering kali tidak menyadari bahwa para partner bekerja dia atau karyawan nya tidak menyukai cara beliau memimpin. Yang ia sadari adalah semua kesalahan terletak di pihak karyawan. Karyawan perform, ya karena karyawan tidak fokus bekerja. Karyawan resign, ya karena mereka sudah tidak optimal di bidang nya dll..

Padahal untuk se'level CEO or Owner, mereka harus bisa menganalisa masalah dari berbagai sisi, dari sisi karyawan + sisi perusahaan. Jadi, kalau karyawan ga perform dia harus bisa ngeliat dari sisi karyawan dan sisi perusahaan. Perusahaan udah bener kah memperperlakukan si karyawan?.


Trus apa sesungguhnya alasan karyawan-karyawan terbaik mau cabut dari perusahaan?

1. Benefit yang didapetin di perusahaan ga seimbang
Salah satu alasan seorang kerja itu adalah dapet pemasukan. jadi kalau pemasukan yang di dapet di perusahaan A udah ga sesuai dengan harapan si karyawan, biasanya mereka akan cari-cari tempat lain untuk berkerya.

2. "Meeting" yang udah ga masuk akal
Tiap hari meeting, tiap hari meeting, tiap hari meeting. Apa arti Meeting yang ga masuk akal?

  1. Meeting dengan durasi yang sangat panjang. Idealnya meeting itu 25-30 menit, tapi kalau untuk bicarain strategi dll bisa lebih lama. Tapi kalau udah sampai 3-4 jam meeting dan meeting nya satu arah ini udah ga jelas
  2. Meeting nya ga ada juntrungannya. Sering kali yang namanya meeting jadi sesi curhat, ngalor ngidul ga jelas dan pada akhirnya ga ada poin yang jelas dari hasil meeting

Sering kali Bos bilang gini, "AH Elah, Meeting cuma 3 Jam, masih ada 5-6 Jam buat kerja, gausah ribet". Nah, wahai Bos-Bos, kalian salah kaprah. Itu bukan cuma 3 jam meeting. Perhitungganya adalah seperti ini Jumlah Jam Meeting x Jumlah orang yang meeting. Jadi kalau meeting 3 jam, yang ikut 10 = 3 x 10 = 30 Jam. WAH Kenapa gitu??! Soalne itu adalah 3 jam produktifnya si karyawan A, 3 jam nya si karyawan B, 3 Jam karyawan C dan seterusnya..

3. Jumlah tanggung jawab yang makin lama makin buanyak
Perusahaan kadang makin lama makin tak sungkan-sungkan nambahin kerjaan karyawannya diluar deal-deal awal. Tapi ga dibarengi sama reward yang seimbang. Ya Pak Bu, cape dong kalo di suruh ngurusin sosmed, bikin artikel, ngurusin billing, ngurusin event, bini video, bikin design, semua semua disuruh ke satu orang. Huft

4. Anda seorang Mikro Manager
Bos dateng ke meja, ngeliatin kerjaan sambil komen: "Itu udah di kerjain? Ini udah di kerjain? Ini kenapa pengeluarannya begini? Ini kenapa bentuk gambar nya begitu? Ini kenapa begitu? Kenapa begini?.

Pak Bu, Kalau anda seperti ini karyawan itu males dan malah jadi ga semangat kerja. Kasih kepercayaan dengan pengawasan sewajarnya. Gausah terlalu semua-semua diurusin.

5. Emosian Ga Jelas
Siapa yang suka ama orang emosian ga jelas? Jawabannya ga ada. Jadi ini gausah di jelasin panjang lebar. Kalau kita ga bisa mengontrol emosi ya jangan heran banyak yang cabut dari perusahaan kita.




Trus gimana dong biar perputaran perusahaan nya ga tinggi? Nih ada beberapa hal yang bisa gw share dari sudut pandang karyawan

1. Kasih Reward Yang Seimbang
Bijaklah melihat tugas dan tanggung jawab yang perusahaan kasih ke si karyawan dan kasih dia reward yang seimbang. Inget Pak Bu, rewad itu ga selamanya soal uang loh, pujian, kepercayaan, senyuman itu juga reward loh :)

2. Buat Meeting yang Efisien
Buat meeting yang efisien. Susun agenda meeting nya apa, set waktu nya berapa lama, perjelas hasil meeting. Kalau seandainya ga perlu sampai meeting ya cukup distribusi informasi via email saja.

3. Kasih Kepercayaan ke Karyawan
Kasih kebebasan sama karyawan untuk berkarya, yang namanya salah itu normal pak bu, kalo ga salah ya ga tau yang bener mana. Percaya sama apa yang mereka lakukan, namun tetap di arahkan dengan jelas. PERCAYA!

4. Kontrol Emosi nya Pak Bu
Ya ini, marah-marah ga jelasnya di kurangin aja. Gausah sering-sering marah. Marah boleh, tapi marah yg jelas, akhiri marah dengan solusi

KESIMPULAN GHAES!!

Jadi apa inti dari poin-poin ini ghaes? Jadi gini, kadang orang gajinya ga seberapa, tapi orang-orang di kantornya asik, bos nya juga bener-bener mengayomi, kadang marah tapi juga datang dengan solusi yang jelas dan masukan yang membangun, mereka akan memilih Stay. Tapi ga jarang juga yang digaji nya lumayan diatas rata-rata tapi suasana kantor ga mendukung, pimpinannya kurang supportive, bikin down terus, ya mereka lebih memilih untuk Cabut dari kantor itu.
Gini "Kepemimpinan" jadi salah satu faktor yang SUPER besar dalam keputusan karyawan cabut atau ngga, tapi bukan faktor satu-satunya yaak :)

Yak sekian celotehan saya soal pengalaman saya dan juga hasil pengamatan saya dari teman-teman seperjuangan sebagai karyawan di perusahaan. Semoga bisa  jadi bahan celotehan di kantor. Semoga yang punya karyawan juga bisa jadi manager yang baik dan jadi penyemangat untuk para karyawannya!

21 comments:

  1. Mantap bang andrew 😂 Duh, rasanya kayak baca curhatan hati diri sendiri nih

    ReplyDelete
  2. Kita datang dengan kritik + masukan. Jd sifatnya konstruktif 💃💃💃

    ReplyDelete
  3. Hehe..setuju sih sama sebagian besar isi artikel ini. Etapi itu endingnya kayak ngegantung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Reta, tadi baca lagi.. dan ya gantung. Tp udah di update ini jadi udah ga gantung lagi. Ngerti kok, di gantungin itu ngga enak (Lah). Anyway, thanks masukannya!! :)

      Delete
  4. seharusnya pegawai itu memang harus jujur dengan alasan resignya. supaya bisa menjadi cerminan si bos dalam mengelola perusahaannya. sehingga ke depannya tidak ada lagi pegawai-pegawai yang resign terlalu cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Ideal nya dari sisi karyawan harus kasih masukan yang jujur. Idealnya dari pihak perusahaan juga menyediakan ruang untuk karyawan memberikan masukan yang jujur. Jadi sama-sama ada tuntutan di pihak karyawan + pihak perusahaan (Imbang)

      Delete
  5. Resign??? Nahhh saya juga berencana untuk melakukan hal ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope. Sekarang sedang senang berkarya di blogmint.com. Tulisan ini sekedar intermezo dari pengalaman pribadi dan juga hasil curhatan teman-teman kok. Hhehehe

      Delete
  6. Kalo gw ngak pernah nyalahin bos, karna bos selalu benar
    Selama ini selalu aja gw belajar dengan diri gw sendiri tapi belajar sebodoh amat jadi mau di omelin di cuekin di anjing2in ama bos atau rekan kerja mah gw sebodoh amat. Yang penting gw masuk pagi pulang sore dan akhir bulan gajian

    ReplyDelete
    Replies
    1. NyatetDiBukuCatetean*. Masukan dari om cumi lebay emang selalu benar!! :p #Sujud

      Delete
  7. Kalo gue lebih engga seimbang dan di bohongin mulu sama perusahaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibohongin gimana tu mas Dandy?. Kalau memang tempatnya sudah ngga bisa mendukung kita untuk berkembang, mungkin sudah saat nya cari tempat berkarya lain :)

      Delete
  8. Kalo gue lebih engga seimbang dan di bohongin mulu sama perusahaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, gimana tuh diboonginnya. Tapi lebih sakit sih kalo diboongin ama pujaan hati. Ga ada obat nya.. :')

      Delete
  9. kenapa ya kita musti punya bos kampret, bawaannya pen resign aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka ada untuk kita bisa belajar lebih sabar menghadapi orang-orang seperti mereka :)

      Delete
  10. ngeseliln emang bos kampret, pasti bikin banyak karyawan resign

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita nanti kalau jadi bos ngga sama yaa! Hhehehe

      Delete
  11. artikel yang menarik banget nih! dan alasan saya kenapa pengen resign saat ini salah satunya ada ditulis di atas, yaitu "MEETING". Gila deh, dalam 1 hari bisa 2x meeting (1x pagi, 1x siang), itupun 2x5 hari kerja nyaris setiap minggu. -______- *lha malah curhat* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya lebih memilih jadi traveler ya Om Chok? Hhhehe.

      Delete