Wednesday, March 30, 2016

4 Hal yang kudu di perhatiin kalo ke pulau Bangka



"Kerja  Boleh Keras, Tp Jangan Lupa Bahagia"

Di awal tahun 2016 emang udah pernah berkata dalam hati kalau ini tahun kudu meluangkan waktu untuk menjelajahi tempat baru dan mencoba hal-hal baru. Beberapa bulan kemarin untuk pertama kali nya naik gunung ghaes bisa di liat disini tulisannya Ekspedisi Gunung Papandayan. Nah sekarang ini barengan sama temen lama memutuskan untuk main ke salah satu pulau di daerah sumatera, pulau Bangka namanya.

Pulau Bangka ini letaknya deketan sama pulau Sumatera, persisnya lebih deket ke kota Palembang. Perlu diinget ghaes, pulau Bangka and Belitung itu beda ya ngga sama. Jadi kalau mau liburan jgn sampe salah beli tiket yo. Nah kira kira letaknya begini nih.

Peta Pulau Bangka & Belitung
Kita berangkat dari Jakarta hari jumat tanggal 25 Maret 2016 and balik tangagl 27 Maret nya, kurang lebih 3 hari dua malem kita keliling pulau Bangka. 

Selama perjalanan disana sampai akhirnya balik ke Jakarta saya nyatet ada 4 hal yg kudu di perhatiin kalo mau main ke pulau Bangka.

1. Perhatikan Tiket Pesawat

Perhatikan tiket pesawat nya ghaes. Pertama kita kudu pastiin jangan sampai salah beli tiket pesawat. Kalau mau ke pulau Bangka iku beli tiket yang nama bandaranya itu Depati Amir. Kalau mau main ke Belitung nama bandaranya iku H.A.S Hanandjoeddin. Jangan sampe  ketuker ya ghaes. 

Kedua itu perhatikan harga tiket nya, biasanya kalo pas-pas tanggal merah atau liburan tiket pesawat itu harganya lebih muahal di bandingin biasanya. Jadi yang pengen liburan tapi tetep bersahabat di kantong, monggo mulai di atur-atur waktu beli tiket nya.

2. Perhatikan Tempat Makan

Yang paling penting kalo aku sih makanan ghaes. Jadi pastikan sebelum kalian mendaratkan kaki di pulau Bangka ini, kalian sudah tau tempat makan mana aja yang mau di kunjungin. Di pulau Bangka ini ada banyak makanan yang enak-enak, mulai dari Otak-otak, Tekwan, Empek-empek, model dll.

Selama kurang lebih 2 hari di Bangka saya menjelajahi beberapa tempat makan yang uwenak ghaes. Iki beberapa yang bisa di kunjungi kalo main ke Bangka:

Hari Pertama

1. Mie Koba 

Mie Koba adalah salah satu makanan khas nya di pulau Bangka. Jadi kuah nya itu berasal dari ikan ghaes. Ikan tenggiri, jadi Mie trus di siram kuah ikan tenggiri, dibawah mie nya ada tauge. Disediain juga telor rebus. Harga satu porsi nya + telor rebus = 15.000.

Alamatnya Mie Koba itu disini ghaes --> Mie Koba

Mie Koba

Wajah Bahagia Karena Kenyang



2. Es Ayoung (Es Kacang Merah + empek Empek Telor)

Kelar makan Mie, saat nya makan yang bisa nyegerin ghaes, ES KACANG MERAH!!. Namanya "ES AYOUNG", Es yang bisa bikin awet muda. Rencananya cuma mau pesen es aja, tapi di sebelah es ada jual empek-empek ghaes, apa mau dikata.

Harga es kacang merah + empek": 18.000

Alamatnya: JL Jelutung, Pangkalan Baru, Kep Bangka Belitung

Empek-Empek telor

Es Kacang Meraaah..


Sponsor Ghaes

3. Biru Laut Seafood

Biru Laut Seafood ini letaknya di Pantai Pasir Padi ghaes. Di bawah di ceritain kok soal pantai ini. Awalnya ngeliat menu" makanan, tapi akhrinya ngga jadi makan cuma minum aja disini. FYI, malem hari ini disini suasana nya sangat sunyi, menenangkan.

Muka Seneng Denger Jangkrik + Suara Ombak

4. Alun Alun Taman Merdeka (Pintiau + empek empek telor meler)

Kelar minum and ngobrol kita laper, lanjut ke Alun Alun Taman Merdeka. Disini kita pesen makan ghaes. Ini diaaaa.. Pantiau & Empek-empek yang telor nya masih meler di dalem.

Atas Pantiau | Bawah Empek-Empek 

5. Otak-otak Amui

Kelar di alun-alun perut masih belum oke, akhirnya kita main ke otak-otak Amui. Harga nya 2500/otak-otak. Bakso Ikan 2000an. Kulit 3000an

Otak-otak - Bakso Ikan - Empek Empek Kulit
Koko lg bikin otak-otak

Siap di bungkus & di Bakar

Hari Kedua

1. Metro Fried Chicken

Ngapain ke fast food si ndrew.. Ini soale Ujan Ghaes. Mampir bentar ae kok. Tapi ada makanan yang enak disini, SUSHI 20.000an. Lumayan enak ghaes. Ini di daerah Sungai Liat.

Sushi Metro Fried Chicken

2. Otak-otak Belinyu

Kelar ujan kita jalan lagi ke daerah Belinyu, karena perjalanan jauh kita laper, jadi mampir disini. Makan Otak-otak.

Harga satuannya itu 2000/otak-otak. Yang enak itu saos nya ghaes ada dua Saos Tauco and Saos Terasi



Otak-otak Belinyu


3. Tung Tau Coffee Cafe

Tung Tau ini salah satu tempat roti bakar tertua yang ada di Bangka. Lokasinya ada di Sungai Liat. Ada banyak menu enak. Nah wakti disini saya mesen Roti Bakar Telor + Keju, Telor setengah mateng 2 + Teh Tarik anget.

Range harganya juga murah kok start di 6000 - 20.000an. Kalo ke Pulau bangka kudu cobain kesini. Mereka punya cabang di Pangkal Pinang kok.

Roti Bakar Telor Keju


4. Seafood Adox

Saya ngga tau hubungannya ko Adox dengan pak Ahok, tapi mereka mirip-mirip. Nah ini salah satu seafood yang terkenal di Pulau Bangka, di Pangkal Pinang Khusunya. 

Di Seafood Adox mereka nyediain banyak plihan, Mulai dari Ikan, Cumi, Udang, sayur"an dll. Alamatnya disini ghaes 

Alaamt Adox disini: Jl Alexander Raya, Simpang 4 Kantor Gubernur
Range harganya dari 30.000-100.00an

Ikan - Cumi Telor Asin - Baby Kailan


3. Perhatikan Cuaca & Lokasi

Sebelum berliburan kita kudu cek dulu cuaca didaerah tujuan kita. Jangan sampai salah prediksi, yang pengennya terang cerah tapi rupanya disana ujan deres or yang pengennya adem-adem rupanya puanas buanget. Cara cek nya gimana? bisa pake google weather or cek di web nya BMKG.

Waktu kita nyampe di Pulau Bangka cuacanya itu gerimis ghaes. Kurang cerah, padahal udah pake celana pendek iki berharap cuacane panas hot. Akhirnya kita ke langsung berangkat ambil motor sewaan buat keliling-keliling Bangka.

Ini dia beberapa tempat yang kita kunjungin dengan kondisi cuaca yang ada:

1. Pantai Pasir Padi

Masih gerimis, tapi yowislah tancep ae. berangkat lah kita ke salah satu pantai yang namanya "Pasir Padi". FYI kita main ke pantai malem-malem ghaes soale tadi nungguin ujan. Perjalanan dari Hotel ke Pantai Pasir Padi kurang lebih 20-25 menitan. Sampailah kita di Pantai Pertama "PASIR PADI". Karena udah malem kita akhrinya memutuskan untuk mampir di salah satu restoran aja menghangatkan badan.

Rute Perjalanan Dari Pangkal Pinang - Pasir Padi

Welcome to Pasir Padi (Malem Hari)

2. Pantai Parai Tenggiri

Hari kedua kita memutuskan untuk berangkat pagi biar bisa main ke beberapa pantai. Cus berangkat pagi setelah sarapan. Perjalanannya cukup panjang ghaes, 3 jam perjalanan dari pangkal pinang ke daerah utara pulau bangka ini. Kita berdua ngeliat pemandangan yang enak ghaes sepanjang perjalanan, sampailah kita di daerah sungai liat, cuaca mendung dan hujan deres, neduh bentar lah kita..

Setelah kurang lebih 1 jam, cuaca mulai cerah kita melanjutkan perjalanan ke pantai Parai Tenggiri. Kita beli jas hujan biar tetep bisa lajut jalan walaupun ujan-ujan. Akhirnya sampailah kita di pantai parai tenggiri ghaes. Pantai nya bersih, pasirnya putih, ombaknya tenang, pemandangannya apik. kita sampe di pantai parai jam 11an pagi Kurang lebih begini penampakannya 

Perjalanan Pangkal Pinang - Pantai Parai Tenggiri
Lagi Tugas Jagain Pantai

Pantainya Bersih Ghaes



3. Pantai Penyusuk Pulau Putri

Setelah dari pantai Parai, kurang lebih jam 1an kita lanjutin perjalanan ke Pantai Penyusuk di daerah Belinyu, mau nyebrang ke pulau Putri. Kita isi bensin dulu ghaes, soale lumayan jauh dari pantai parai ke daerah belinyu. Berangkatlah kita naik sepeda motor. 

Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan bokong mulai pegel, kita akhirnya istirahat dulu di otak-otak Belinnyu. Sambil istirahat kita tanya ama cece yg jual otak-otak jalan ke pantai penyusuk. Ini dia maps yang si cece kasih:

Maps Cece Otak-Otak Pantai Penyusuk


Dapet arahan dari cece otak-otak makin PD lah kita melanjutkan perjalanan. Berangkat!. Perjalanan di maps kurang lebih 45 menit. Perjalanannya cukup panjang ghaes, tapi gpp, pemandangan sepanjang perjalanan keren-keren (Ga sempet foto soale naik motor). Setelah 45 menitan sampai lah kita di pos pantai Penyusuk, bayar 3000/orang untuk masuk. Kurang lebih 300 meter kita masuk sampailah kita di pantai Penyusuk!!!

Sesampainya disana kita parkir motor di pantai, ganti baju, langsung ada yg nyamperin, "Mas, mau nyebrang?". Langsung gw jawab, iyabos. Yowis nungguin orang dulu deh ya biar rame. Kita nungguin bentar, 5 menitan ada rombongan lain yang dateng akhrinya berangkatlah kita nyebrang ke pulau Putri. Ini penampakannya:
Welcome Ghaes
Kelelep

Abis Berenang Ghaes

Pulai Putri - Belinyu

Nyelem Dulu Ghaes

4. Perhatikan Kendaraan

Kalau main ke pulau bangka pasti harus sewa kendaraan, mau motor or mobil tergantung kebutuhan ghaes. Pastikan kalian memperhatikan kondisi kendaraan kalian itu ya ghaes. Mulai dari ketersediaan bahan bakar, kondisi mesin, kondisi ban dll. 

Kenapa penting? Soale kemarin nih ghaes, sewaktu mau melanjutkan perjalanan dari pantai Parai Tenggiri ke Pantai Penyusuk, ban motor kita P.E.C.A.H... Dan disana ngga ada tambel ban ghaes. Alhasil saya harus dorong motor dengan kondisi kempes kurang lebih 3KM, trus jalanan ne naik turun. Hof Hof Hof..

Jadi jgn lupa di cek semua nya ghaes. Lebih baik mencegah dari pada mengobati


Ini ada beberapa Info penting di Belitung:

- Penyewaan Kendaraan
Bisa hub Ibu Jum ini nomornya (0852 6746 3166). Harga nya murah + ngga ribet nyewa ama doi.

- Penyewaan Kapal Nyebrang Pulau Putri
Bisa tanya langsung aja Mas Rama nya ada ngga ya. Pasti dapet harga yang miring. Btw dia orang padang, jadi berlagak lah seperi orang padang biar dapet potongan lebih dari bang Rama

Pengeluaran Penting Selama di Belitung:

1. Tiket pesawat PP Jakarta - Bangka - Jakarta: 1050K
2. Sewa Motor: 100k/hari
3. Nyebrang Pulau PP: 25k
5. Sewa alat Snorkeling: 50k

Nah so far perjalanan ini cukup nagihin ghaes. Next kemana? Ya di tunggu aja update'an ya yaa. Semoga info yang ada bisa jadi gambaran untuk yang mau main ke pulau Bangka!

2 comments:

  1. Aku ngak akan pernah lupa buat bahagia meskipun luka hati ini terlalu dalam hahaha.

    Belinyu itu rumah temen ku, rumah nya di pinggiran pantai dengan batu2 kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau mulu si Om Cum. Iya bagus pantai Penyusuk nya om.

      Kalau mau pegi-pegi lagi ajakin dong saya om Cum. Biar bisa se'Ketje kaesang Cumi..

      Delete