Monday, November 2, 2015

4 Platform influencer Marketing di Indonesia



Saat ini di Indonesia mulai bermunculan banyak metode marketing yang menarik untuk diamati. Salah satu metode marketing yang mulai dilirik dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak adalah “Influencer Marketing”.  Metode ini digunakan oleh brand-brand untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki.

Apa yang dimaksud dengan “Influencer Marketing”? Definisi dari Influencer Marketing adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan influencer sebagai  kunci dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.

Siapa saja yang bisa kita kategorikan sebagai “Influencer”? Influencer adalah orang-orang yang dikenal banyak orang a.k.a terkenal. Bisa jadi aktor film, musisi, penyanyi, penulis, sutradara film, blogger, YouTubers, Instagramers dan masih banyak lagi.

Dari hasil penelitian anak mudanya, di Indonesia setidaknya ada 4 platform influencer marketing yang bisa dimanfaatkan oleh brand-brand untuk melakukan pemasaran.






Sociabuzz adalah sebuah self-service influencer marketing platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan apapun melalui 3639 Twitter Buzzer mereka.Konsep biaya yang ditawarkan adalah, biaya per-tweet. Jadi setiap tweet yang dikeluarkan oleh buzzer yang akan dibayarkan oleh brand. Nominal yang dikenakan bervariasi tergantung dari buzzer yang digunakan.

Sociabuzz menawarkan promosi apapun lewat platform mereka, seperi brand, bisnis, produk, jasa/layanan, online shop, website, aplikasi, games, acara dan lain-lain.

Di platform ini brand bisa mendaftarkan kampanye yang mereka miliki, begitu juga bagi para buzzers twitter, mereka bisa mendaftar dan menunggu jika ada tawaran dari brand yang sedang melakukan kampanye.

Sociabuzz memanfaatkan media sosial twitter sebagai sumber dari “Influencer” mereka yang mereka tawarkan kepada brand. Beberapa brand yang sudah berkampanye menggunakan platform mereka adalah OLX, Oppo, Orang Tua dll.



GoViral adalah media promosi digital yang memanfaatkan jaringan influencer yang tersebar di media sosial. Hampir sama dengan SociaBuzz, GoViral memafaatkan media sosial Twitter namun juga Instagram untuk para influencer mereka. Go viral sudah hadir di Indonesia kurang lebih di tahun 2013.

Langkah-langkah yang diterapkan GoViral dalam menangani kampanye klien mereka adalah sebagai berikut, Mengerti brand yang ingin melakukan kampanye, membuat pesan yang ingin disebarkan, menyebarkan pesan dan pada akhirnya memantau aktifitas kampanye yang berlangsung.

Di GoViral ada mengklaim memiliki 50.000 influencer dan juga memiliki berbagai macam komunitas yang dihimpun. Beberapa brand yang menjadi klien mereka antara lain Ponds, Lazada, Telkomsel, Biznet, dan lain-lain.




ID Blog Network merupakan platform influencer marketing di Indonesia yang menggunakan Bloggers sebagai influencer mereka. ID Blog Network didirikan pada 1 Agustus 2010, Konsep awal mereka adalah menjadi penghubung antara bloggers dan juga brand yang sedang melakukan kampanye.

Disini orang-orang yang memiliki blog dapat mendaftar sebagai influencer. Bentuk kampanye yang dilakukan oleh ID Blog Network adalah lewat tulisan-tulisan yang dibuat oleh para bloggers. Di ID Blog Network terdapat tahapan verifikasi. Jadi, setiap blogger yang mendaftar menjadi influencer di ID Blog Network akan di review dan lihat terlebih dahulu oleh tim dan kemudian di verifikasi apakah sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh tim untuk menjadi influencer di ID Blog Network.

Saat ini ID Blog Network mengklaim memiliki 17.594 blogger yang terdaftar di platform mereka. Beberapa klien yang ada dalam website mereka adalah Telkomsel, Mizon, Nokia dan brand-brand lainnya.



Blogmint adalah influencer marketing yang berasal dari India. Platform mulai bulan Oktober 2015 sudah mulai mengembangkan sayapnya ke Indonesia. Di Blogmint mereka memanfaatkan berbagai media sosial untuk para influencer, mulai dari Twitter, Instagram, YouTube dan juga Blog. Jadi untuk para influencer bisa memilih satu atau semua media sosial untuk di maksimalkan di blogmint dan untuk brand mereka bisa memilih untuk kampanye lewat platform media sosial yang mana.

Di Blogmint semua orang yang memiliki media sosial atau blog bisa mendaftarkan diri di Blogmint dan bisa juga ikut aktif mendaftarkan diri gi kampanye yang sedang di adakan oleh brand lewat Blogmint. Di dalam blogmint semua bisa saling melihat social influencer lainnya dan juga melihat kampanye-kampanye yang sedang berlangsung. Transparansi menjadi kunci utama yang di tawarkan oleh Blogmint

Beberapa brand yang menjadi klien Blogmint adalah Coca-Cola, Asus, Honda, Groupm dan masih banyak lagi. 

Untuk tau lebih banyak mengenai platform ini, bisa langsung masuk ke website nya (Klik Link di Judul Platform masing-masing)

Berikut beberapa platform influencer marketing yang ada di Indonesia. Semoga bisa menamba informasi untuk para pengguna social media, bloggers dan juga brand-brand, untuk bisa memanfaatkan semua platform yang ada untuk kepentingan masing-masing. Salam!!!

1 comment: