Tuesday, December 8, 2015

Yang Kudu Kita Tau di H-1 Pilkada Serentak 2015



Tinggal beberapa jam lagi untuk menyambut pilkada serentak Indonesia di tahun 2015 ini. Kurang gereget ya? Iya. Kurang berasa suasanya "Pesta" nya ya. Iya ga tau kenapa, mungkin ketutup sama kisruh MKD?? Bisa jadi. Tapi yasudahlah ya, sekarang anak mudanya mau berbagi, kira-kira apa yang kudu kita tau sebelum kita milih calon kepala daerah kita?? Ini dia:


1. Latar Belakang Calon Kepala Daerah

Ga kenal ya ga sayang, kalo kata pepatah jaman dulu. So hal pertama yang kudu kita tau yaitu latar belakang si calon. apa aja yang kudu kita tau?

- Nama si Calon
Minimal lo tau lah Ghaes namanya siapa. Jangan sampe kita ngga tau namanya dia siapa, trus milih? kan lucu. Hhehehee

- Asal Partai Politik
Biasanya kepala daerah itu datang dari partai. Ya kudu kita tau lah dia dari partai mana, kualitas partainya gimana? apakah asal milih calon yang terkenal? atau ada sistem kaderisasi yang jelas.

- Latar Belakang Pendidikannya
Setidaknya kita tau dia dulu sekolah dimana, kuliah dmana, di kuliah dia ngapain aja, pernah di organisasi apa selama kuliah and prestasi-prestasi apa aja yang pernah di dapetin selama dia menempuh jalur pendidikan itu.

- Latar Belakang Keluarga
Ya.. kepo-kepoin dikitlah suami/isrtinya si calon itu siapa, anak-anak nya ada berapa. ya seputaran
keluarga lah ya.

- Latar Belakang Pekerjaan
Coba cari tau si calon dulu kerjanya dimana? apakah di mantan pemimpin juga? bisnis man? seorang tokoh masyarkat?. Hal ini penting untuk anak-anak mudanya bisa lihat kualitas si calon ini gimana. Kalo di pekerjaan dulunya dia bermasalah, kemungkinan besar, kalau terpilih jadi kepala daerah, ya akan bermasalah juga.

2. Visi-Misi Calon

Hal kedua yang kudu kita tau dari si calon kepala daerah. Visi Misi itu menggambarkan kualitas si calon (Ngga juga sih, kadang dibuatin tim), tapi dari visi misi, kita bisa lihat apa yang akan si calon ini lakukan di masa yang akan datang secara garis besar. Coba cek, Visi-Misi nya aneh kah? sudah mantep kah? atau Gantung?

3. Program-Program Calon

Hal ketiga yang sangat penting adalah kita kudu tau program-program yang mereka punya ketika memimpin daerah tersebut. Kita kudu tau mereka akan buat apa saja nih di semua bidang, dari pendidikan, kesehatan, kemiskinan, lingkungan hidup, anak muda dan aspek-aspek  penting lain.

Di program-program ini kita bisa menilai, si calon itu kreatif kah? sama-sama aja? punya terobosan unik? membosankan? atau asik?. Ya kalian yang menilai sendiri yak.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan selanjutnya adalah, gimana gw bisa tau ndrew info-info ini??. Nah ini juga anak mudanya ada beberapa sumber yang bisa jadi referensi kalian untuk bisa tau info-info penting ini, ini dia:

1. Media Sosial

Jaman sekarang hampir semua calon kepala daerah pake media sosial untuk jadi salah satu metode kampanye mereka. Mereka pake Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, Periscope, Path, macem-macem dah. Biasanya ada tim yang urus beginian.

Nah, kita bisa cari aja akun media sosial mereka trus pantengin deh timeline nya. Biasanya mereka akan share, program-program, jadwal kampanye mereka dll. So, lumayan jadi bahan pertimbangan kalian. Ohya, kalian juga bisa nilai, ni calon kaku apa asik orang nya dari gaya foto-foto kampanye mereka ghaes. Hhehehe

2. Search Engine

Kita juga bisa manfaatin search engine yang ada, salah satunya Google (bukan iklan). Kita ketik aja nama mereka di Google.com, nanti akan keluar banyak informasi terkait mereka. Berita-berita, fakta-fakta, opini orang dan banyak lagi. PR kita adalah menyaring mana informasi-informasi yang aktual dan bukan Hoax. Soalnya jaman sekarang tim lawan akan sangat mudah buat tulisan atau review negatif mengenai pasangan tertentu. Bijak ya!

3. Website www.Kawalpilkada.id

Ini website yang lumayan oke lah untuk pilkada serentak tahun ini. Jadi bisa lihat profile kandidat trus tabulasi suara, bisa melaporkan pelanggaran dan info-info lain yang penting untuk pemilihan serentak 2015 ini.

Ini yang bisa anak mudanya share mengenai hal-hal yang kudu kita tau di H-1 pilkada serentah Indonesia tahun 2015 ini. Semoga bermanfaat!!

1 comment:

  1. Kak ...kok pilihan berapa uang yg di beri ngak ada ???? #kabur #moneyPolitik

    ReplyDelete