Tuesday, March 1, 2016

Ekspedisi Gunung Papandayan

Yang namanya hidup itu harus seimbang antara berkarya & bermain. Jadi jangan terlalu sibuk berkarya sampai lupa kalau yang namanya badan juga perlu istirahat dan dimanjakan. Demi memanjakan mata dan badan, akhirnya saya memutuskan untuk naik gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat. Naik gunung kali ini barengan sama anak-anak kantor lama di ARSC.

Karena saya baru pertama kali naik gunung, akhirnya semua barang-barang kudu minjem dari temen. Untung ada anak Mabes Oblo (Markar Besar Organisasi Bocah Lali Omah) yang cukup expert soal pergunungan, jadi semua-semua minjem dari doi, namanya Bro Zudhan. Minjem Tenda, Fly Sheet, Sleeping Bag, Sepatu, Jaket, Sarung Tangan, dan Senter (Belum Modal).

Perjalanan kita mulai hari Jumat. Secara ini hari kerja, jadi janjiannya pas jam-jam pulang kantor. Kita mau ngumpul di salah satu rumah temen di daerah depok untuk packing ulang, tapi janjian dulu di daerah pasar festival, tepatnya di burger king. Jam 7 malem gw cabut dari kosan di daerah tebet ke kosan temen dulu, lagi-lagi utk pinjem barang, kali ini ponco, melindungi badan kalau-kalau ujan di atas gunung.

Kelar makan, kita pesen Grab car and menuju ke Depok, rumahnya si Fajar Kribo. Jalanan ke depok lumayan macet, soale ini jam 10an itu masih jam-jam pulang kerja. Seetelah semua anak-anak ngumpul di Depok, kita packing barang-barang and siap berangkat. Kita pesen grab car lagi ke Kampung Rambutan. Nyampe di Kampung Rambutan kita  nungguin bus ke Garut. Dari Kp Rambutan kita naik bisa jam 2 pagi. Perjalanan dari Kp Rambutan ke Garut itu kurang lebih 5 Jam, jadi nyampe di Garut, termilal Guntur itu jam 7 pagi waktu Garut. Sepanjang perjalanan gelap, jadi kami memutuskan untuk bobo saja.

Jam 07:00 pagi bus nya nyampe di Garut. Turun bus langsung banyak yang nyamperin, kirain di sambut and di kasih welcome drink, rupanya akang-akang ini adalah para kernet angkot yang nawarin kita untuk naik angkot mereka. Karena kita masih pada kurang sadar semua, akhirnya kita memutuskan untuk nongkrong di warung dulu, ada yang ngopi, ada yang nge teh, ada yang ke toilet, intinya nayntai dulu lah sebelum lanjut lagi.

Semua udah seger, mata udah melek, perut udah enak akhirnya kita mau lanjut naik angkot ke atas. Terjadilah nego-nego harga dgn akang-akang nya. Kurang lebih seperti ini pembicaraan nya antara K (Kita) dengan si A (Akang):

K: Kang segini ya kang, pan ramean
A: Eleuh te bisa atuh, segini mah sudah pas.. Ini Pagi udah segitu a'
K: Ah kemarin juga baru naik tapi ga segitu"
A: Ywdah gini deh di korting seroang aja, jadi bayar utk 6 orang lah..

Akhirnya setelah diskusi alot kita sepakat dengan harga tertentu, kita berangkat keatas!!

Nyampe d atas kita sarapan dulu, abis sarapan kita kita belanja perlengkapan utk mendaki. Kita beli Sarden 2 kaleng, Aqua botol 2, Mie Goreng, Susu, Kopi, dan keperluan lain untuk diatas. Abis sarapan gw tiba-tiba sakit perut, sebelum naik saya memutuskan untuk menyetor dulu biar di atas aman. Semua udah siap sedia, kita naik mobil pick up barengan sama pendaki-pendaki lainnya. Kita di atas mobil 14 orang'an deh. Naik deh Kita~

Btw ini dia trak Gunung Papandayan Ghaes:

Jadi kita dari Camp David, melewati Kawah Papandayan, leway Jalur putus, Ke Gubberhood dan buka tenda di Pondok Saidah.

Dari mobil pick up itu kurang lebih 10-15 menit untuk sampai di Camp David. Setelah Sampai di Camp David kita langsung memutuskan untuk mendaki ghaes!!!. Tapi ga boleh lupa, sebelum naik semua kudu berdoa, biar perjalanan ke puncak selamat ya ghaes.. Kudu inget Tuhan :)

Kelar berdoa kita siap mendaki ghaes. Hap - Hap - Hap. Tidak akan lupa kami untuk mengabadikan momen pendakian ini dengan berbagai macam cara. Hehehehe

FYI saya itu orang nya suka ketiduran kalo udah cape. Bisa tidur dimana aja, bahkan di bioskop dengan kondisi berisik waktu film Pacific Rim, saya juga ketiduran. Apa lagi kondisi tenang, dingin di daerah pegunungan gini ghaes, hasrat untuk tidur semakin tinggi, dan  ketirudan lah saya sebentar..

Nih dia beberapa pemandangan yang warbiasah ghaes diatas gunung..

Sepanjang perjalanan kita juga ga lupa untuk mendokumentasikan setiap momen kita diatas ghaes. Hal ini sebagai stok foto untuk saya ngapdet di Instagram saya yang namanya @AndrewPrasatya

Setelah sampai di Pondok Saidah, kita bareng-bareng nyusun tenda. Kita naik ber-7, jadi kita bawa dua tenda. Pas lagi pasang-pasang tenda, air mulai berjatuhan ghaes di Gunung Papandayan. PONCO yang saya pinjam itu akhirnya berguna untuk melindungi badan dari air hujan. Kita berjibaku bangun tenda, soalnya hujannya makin deres, and tambah deres.

Setelah Tenda kelar, akhirnya kita berteduh di tenda, kita mulai masak, makan dan ngobrol. Di momen ini, semua sibuk nikmatin suasana and ga sempet ambil-ambil gambar. Di malemnya kita muter lagi di speaker, makan sarden, minum kopi, susu and nyemil-nyemil. FYI, cuacanya dingin buangeeet ghaes. Nafas udah berembun kaya di film-film gitu.

Btw diatas itu ada Babi hutan yg lumayan gede namanya Omen, jadi sampah dll kudu di simpen baik-baik, soalnya pernah ada cerita kalau pernah ada tenda yang rubuh gara-gara di seruduk Omen. Huahahahaa. Jadi ya kaleng sarden kita masukin trash bag and sampah lainnya deh.

Malem udah makin larut, cuaca makin dingin, cewe-cewe udah pada tepar, gw jg udah mulai ngantuk. Akhirnya kita memutuskan untuk tidur..

Paginya kita bangun, sarapan and siap" mau main ke Hutan Mati ghaes.. Mau mulai mendaki, tiba-tiba hujan deres bet deres. Akhirnya kita mengurungkan niat untuk naik, soalnya ujan deres, kabut, and trek nya so licin. Ya, mau ngga mau kita packing and siap-siap untuk turun gunung. Sewaktu turun trek nya sangat licin ghaes, soale habis hujan and masih gerimis, jadi ya jatoh-jatoh dikit lah, kepleset.

Sampai bawah kita naik pick up, lanjut naik angkot, and naik bus kembali ke Jakarta. Singkat cerita gw nyampe di kosan jam 1 pagi hari Senin dan tidur deh. Soale besok kan kudu kembali berkarya lagi.

Btw yang pengen naik Gunung Papandayan ini list pengeluaran yang kudu disiapin, kurang lebih Rp 350.000. Detail ini ini nih

1. Bus Kp Rambutan - Garut PP = 100k
2. Angkot PP Terminal Guntur PP = 40k
3. Mobil Pick up - camp david PP = 40k
4. Patungan Perlengkapan = 100k
5. Makan Naik + Turun Gunung = 50k

Ga nyesel dah, pengalaman pertama naik gunung banyak dapet hal-hal baru ghaes. Refreshing!!

1. Kayaknya seru itu tracknya...sayangnya dulu gk sempet ikutan temen gara2 masalah finansial #curhat ^^

1. Halo bro harus di coba bro. Btw kemarin total habis nya itu sekitar 350 Ribu kok (Sebagai Gambaran):
      1. Bus Kp Rambutan - Garut PP = 100k
      2. Angkot PP Terminal Guntur PP = 40k
      3. Mobil Pick up - camp david PP = 40k
      4. Patungan Perlengkapan = 100k
      5. Makan Naik + Turun Gunung = 50k

2. Replies
    1. Ayo Kaka Berdhi, naik gunung bareng.

2. Kak endrue pondok saladah bukan saidah huahahaha

3. Wah salah ya. Nanti di perbaiki ya mas Fajar. Andrew mas bukan endrue :p

3. ente naeknya tanggal berapa gan kemaren? kalo buat 4-6 ini buka gak kira2? nuhun.

1. Halo Gan, gw naik kemarin berangkat dari Jakarta hari Jumat tgl 26, nyampe di Garut Sabtu pagi tanggal 27. Buka si harusnya bro.

4. Jangan cuman Berkarya & Bermain tapi kamu wajib menambahkan BERIMAN :-)

5. wah, Papandayan yaakk.. bisa naik gunung sambil jalan-jalan cantik kalo ke Papandayan mah. duh, jd kangen naik gunung xD

1. Bener Om. Di atas udah ada Sevel, Indomaret + tukang tahu Bulat (Sambil Nyalain Mras Tahu Bulat). :p