Friday, July 1, 2016

Anak Muda Ngomongin Politik Hukumnya Haram?



"Bray Bray, Gimana nih menurut lo soal politik Indonesia?" 
"Bah, ancur bah, udah ngga ada lagi masa depannya. Malas awak ngomongin Politik, ga jelas"

Jaman sekarang mah kalo ngomongin Politik, apa lagi anak-anak muda, pasti kebanyakan ya kaya diatas. Rata-rata bakal punya pandangan negatif soal "Politik". Ini soalnya ngeliat banyak berita soal politikus yang korupsi, janji-janji yang ngga ditepati waktu udah kepilih & ngejabat. Ya semua yang ancur-ancur deh yang ada di media or social media tentang Politik, khusunya di Indonesia. Salah? Ngga, soalnya emang banyak yang begitu kok.

Efeknya gimana ke anak-anak muda nya? Hmm, ya bisa di bilang jadinya pada males ngomongin politik, jadi ngga percaya sama "Politik", apolitis deh, ngga mau tau soal politk-politik'an

Kenapa pada jadi begini ya? Apa aja penyebabnya?. Bisa beberapa nih:

  1. Karena emang JELEK yang keliatan di media ini rata-rata hal yang jelek, kaya korupsi, anggota DPR yang tidur waktu sidang, pejabat yang minta nya dilayani bukan melayani dsb
  2. Karena banyak yang anggep Politik = Ribet, complicated, susah dipahami, belibet, ga bisa dimengerti lah pokoknya kaya cewe yang lagi ngambek #EhGitu.
Padalah sebenernya kita kudu ngerti and paham soal politik ghaes. KENAPA!? Soalnya politik itu menyangkut hidup kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Harga barang-barang pokok bisa naik gara-gara keputusan poltik, Indonesia bisa ngga pake passport kalo ke suatu negara itu karena keputusan poltik, kita mau nikah beda agama tapi susah itu juga karena keputusan politik. Jadi "Politik" itu bukan sesuatu yang jauh di ujung langit, "Politik" itu ya di hari-hari kita ini, sangat dekat. Iya dekat sekali.


"..Trus Ndrew, kalo emang sebegitu penting nya kita untuk paham soal "Politik", gimana dong cara nya biar anak-anak muda setidaknya bisa paham deh, ngga usah sampai suka?.."

Kalo dilihat dari masalahnya kan ada dua nih. 1 emang udah jelek aja berita soal politik di media mainstream and media sosial dan 2 karena politik itu susah dimengerti. Nah kita bisa buat sesuatu dari poin ke-2. Kalo masalahnya adalah "susah dimengerti" solusinya apa dong? iya bener, kita kudu bisa buat politik jadi "mudah dimengerti". Simpel toh?

Dari sini akhirnya saya iseng-iseng buat akun di Instagram yang namanya @Funlitic, itu artinya "Fun Politics". Artinya "Politik" yang menyenangkan. Cheesy ya? ya gpp lah ya, namanya juga iseng-iseng aja.

"..Apaan tuh funlitic ndrew?.."

Jadi sebenernya ini akun isinya seputar politik, bisa teori, kejadian terkini dan juga istilah-istilah politik yang dibuatin jadi bentuk gambar gitu. Akun ini di buat Juni 2015.

Sebenernya tujuan dari akun @funlitic ini itu biar saya nya belajar lagi soal politik + biar orang-orang lain bisa (mudah-mudahan) ngerti soal politik. Mau suka atau ngga mah urusan belakangan.

Kenapa kira-kira akun ini bisa ng'bantuk anak-anak muda ngerti "Politik". Karena yang punya optimis bisa, jadi pasti bisa!!! Hhaa

Ngga ngga, jadi ada beberapa alasan si:
  1. Media Sosial. Sosmed apa lagi Instagram kayanya hampir semua anak-anak muda Indonesia punya & aktif make. Kalau ngga aktif ng'post foto, minimal aktif stalk'in timeline kan yaa. Jadi Saya mah optimis, media ini cocok sama karakteristik anak muda saat ini.
  2. Gambar. Akun ini pake media gambar untuk ngejelasin "Politik". Soalnya kan pake gambar itu bisa lebih mudah paham sesuatu. Bukan begitu? Ditambah lagi kita coba kasih caption yang ngga susah dan belibet.

Jadi ya saya mah berharap ini akun mudah-mudahan bisa ng'bantu orang untuk ngerti politik. 
"Contoh gambar nya mana Ndrew? Coba liatin dong, biar ada bukti"
Nah ini ada beberapa contoh postingan funlitic di Instagram


1. Ini ngejelasin soal hukum soal THR (Tunjangan Hari Raya)


2. Kalau ini soal sebenernya gimana si pengertian Hukum Kebiri. Emang di Potong anu nya??


3. Apaan tuh kepanjangan "TILANG"?? Tindak Langsung? Tips Langgaran? Tipu Langganan?



4. Apaan tuh "Redenominasi"??



Dan masih banyak lagi postingannya @Funlitic. Monggo mampir-mampir om tante, siapa tau sayang, boleh kok di follow :3

Nih ada video soal @FUNLITIC nyaa :p


2 comments:

  1. Ok.. Saya mau mampir.. Siapa tahu bener politik jadi lebih menyenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suka om! Terimakasih sudah di follow :D

      Delete